3.1 Berhenti Menjadi Korban

BAGIAN 3 CHAPTER 1 DARI KISAHKU MENCARI HIDUP YANG DIMULAI SEJAK
HTTPS://SYIFBUNG.WORDPRESS.COM/2018/08/08/PROLOG/

 

Selama ini aku selalu saja berpikir bahwa aku adalah korban keadaan. Bahwa aku hidup karena lingkungan di sekitarku lah yang membentukku seperti ini. Aku hidup karena aku dihidupkan oleh Allah, menjadi korban atas penciptaan-Nya.

Sehingga, selama ini, aku tidak pernah menjalani hidupku 100%

Aku selalu menyalahkan orang lain, menyalahkan Tuhan, menganggap hidup sebagai beban.

Aku semakin berpikiran negatif, semakin terpuruk.

Aku hanya bisa menunggu.

Menunggu seseorang datang dan memegang tanganku, menunggu seseorang mengubah hidupku.

Padahal, jika aku bisa mengubah sudut pandangku, aku bisa saja menjalani hidup lebih positif. Karena sejatinya hidup ini bukanlah paksaan dari Tuhan, Tapi Anugerah dari-Nya.

Jika saja aku bisa mengubah sudut pandangku. Mungkin aku tidak akan selamanya merasa menjadi sebagai seorang korban. Tapi berdiri tegak dengan penuh percaya diri, menjadi orang yang bertanggung jawab atas hidupku.

Karena bukan kondisi nya yang aku ubah, tapi diri sendiri lah yang kuubah. Karena tidak ada gunanya aku menyalahkan kondisi dan menunggu kondisi berubah. Karena yang bisa kuubah adalah diriku sendiri.