Kuttab Al-Fatih

Anak-anak itu bergantian meraih tanganku untuk salam. Ada yang berlari menuju ke arahku untuk menwarkan tangannya. Anak lelaki menangkupkan tangannya di depan dada dan mengucap salam dengan senyum. Dengan jilbab dan baju seragam mereka, mereka bergantian menyalamiku.

Datang ke tempat ini merupakan salah satu berkah dari Allah. Merasakan semangat pembelajaran ini membuatku terharu.

Kuttab Al-Fatih nama sekolah itu. Aku berkunjung ke salah satu unit Kuttab Al-Fatih yang berada di daerah Gedebage. Menanyakan banyak hal untuk bahan referensi untuk mengelola sekolah.

Aku tahu Kuttab Al-Fatih dari teman dan mendengarkan banyak info positif tentang tempat ini. Mendatangi tempat ini dan mendengarkan langsung dari ustadz menularkan semangat yang membara.

Tempat ini melakukan pembelajaran yang mendasari semuanya dari Allah. Mereka berusaha sebaik mungkin untuk membangun sarana pendidikan yang sesuai sunnah dan sesuai seperti yang diajarkan Rasul. Mereka meneladani generasi terbaik ummat yaitu Rasul dan para sahabat.

Kurikulum diturunkan dari pembelajaran zaman rasulullah dari Mekkah ke Madinah. Dimulai dari bab iman dan adab sebelum mendalami ilmu. Bagaimana anak-anak sebelum memulai ilmu, belajar adab-adab. Bagaimana iman anak-anak diperkuat dengan pembelajaran Al-Quran. Kadang juga pembelajaran diambil dari kuttab-kuttab yang sudah ada.

Mereka yakin bahwa pembelajaran yang benar adalah pembelajaran yang dicontohkan oleh rasul. Mereka yakin bahwa Al-Quran adalah sumber pembelajaran utama ummat muslim. Mereka mendasari semua hal atas dasar itu semua. Atas dasar iman.

 

 

Leave a comment